Selasa, 26 Maret 2013

Cara Alami Sembuhkan Sariawan

Cara Alami Sembuhkan Sariawan
 

Cara Alami Sembuhkan Sariawan - Apakah anda bingung mencari solusi penyembuhan penyakit sariawan secara alami? Berikut ini kami sajikan informasi cara alami mengatasi penyakit sariawan dengan menggunakan bahan alami berkhasiat dari alam yang efektif sembuhkan secara cepat.


Lalu, bagaimana cara alami untuk menyembuhkan sariawan?

Sebenarnya cara mengatasi penyakit sariawan sangatlah mudah, ada beberapa cara yang sangat sederhana yang dapat kita lakukan sendiri dengan memanfaatkan bahan alami yang tersedia di dapur kita.

  • Air Garam

Berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam, lakukanlah tiga kali sehari. Maka campuran air hangat dan garam dapat menyembuhkan luka sariawan dengan cepat, kandungan garam dapat menarik cairan pada luka sariawan sehingga dapat mempercepat penyembuhan.

  • Bawang dan pepaya 
Mengkonsumsi bawang mentah, pepaya atau kantong teh yang langsung ditempatkan pada luka sariawan, akan memberikan kesembuhan secara cepat dan alami.

  • Tomat
Tomat adalah salah saru jenis sayuran yang sudah tidak asing lagi di telinga kita, selain memiliki kandungan Lycopene yang bermanfaat dalam mencegah pertumbuhan sel-sel kanker, tomat memiliki keunikan lain yang digunakan sebagai bahan alami penyembuh sariawan. Mengkonsumsi tomat mentah ternyata memiliki khasiat tersendiri dalam mempercepat penyembuhan penyakit sariawan.

  • Kopi bubuk
Ambil secukupnya kopi bubuk, dan oleskan bubuk kopi tersebut pada luka sariawan, lalu biarkan beberapa menit dan kumur dengan menggunakan air bersih. Lakukanlah secara rutin, insya Allah dalam waktu  2-3 hari penyakit sariawan tidak akan kembali lagi.

  • Air kelapa
Gunakan air kelapa, dan akan lebih baik jika kelapa yang digunakan adalah air kelapa hijau. Kumur-kumur dan bisa juga diminum langsung.

  • Belimbing wuluh
Belimbing Wuluh

Siapa yang tidak tahu jenis tanaman ini? Belimbing wuluh memiliki pohon kecil, tinggi mencapai 10 m dengan batang yang tidak begitu besar dan mempunyai garis tengah hanya sekitar 30 cm. Ditanam sebagai pohon buah, kadang tumbuh liar dan ditemukan dari dataran rendah sampai 500 m dpi. Pohon yang berasal dari Amerika tropis ini menghendaki tempat tumbuh tidak ternaungi dan cukup lembab. Belimbing wuluh mempunyai batang kasar berbenjol-benjol, percabangan sedikit, arahnya condong ke atas. Cabang muda berambut halus seperti beludru, warnanya coklat muda. 

Daun berupa daun majemuk menyirip ganjil dengan 21-45 pasang anak daun. Anak daun bertangkai pendek, bentuknya bulat telur sampai jorong, ujung runcing, pangkal membundar, tepi rata, panjang 2-10 cm, lebar 1-3 cm, warnanya hijau, permukaan bawah hijau muda. Perbungaan berupa malai, berkelompok, keluar dari batang atau percabangan yang besar, bunga kecil-kecil berbentuk bintang warnanya ungu kemerahan. 

Buahnya buah buni, bentuknya bulat lonjong bersegi, panjang 4-6,5 ern, warnanya hijau kekuningan, bila masak berair banyak, rasanya asam. Biji bentuknya bulat telur, gepeng. Rasa buahnya asam, digunakan sebagai sirop penyegar, bahan penyedap masakan, membersihkan noda pada kain, mengkilapkan barang-barang yang terbuat dari kuningan, membersihkan tangan yang kotor atau sebagai bahan obat tradisional. Perbanyakan dengan biji dan cangkok.

Nama Lokal :
Limeng, selimeng, thlimeng (Aceh), selemeng (Gayo),; Asom, belimbing, balimbingan (Batak), malimbi (Nias),; balimbieng (Minangkabau), belimbing asam (Melayu),; Balimbing (Lampung). calincing, balingbing (Sunda),; Balimbing wuluh (Jawa), bhalingbhing bulu (Madura).; Blingbing buloh (Bali), limbi (Bima), balimbeng (Flores),; Libi (Sawu), belerang (Sangi).; 

Bahan Obat Sariawan:
  • segenggam bunga belimbing wuluh
  • gula jawa
  • 1 gelas air putih

Pembuatan:

rebus sampai kental, saring, pakai untuk membersihkan mulut dan mengoles sariawan
3 buah belimbing wuluh
3 butir bawang merah
1 buah pala muda
10 lembar daun sariawan
3/4 sendok teh adas3/4 jari pulosari
cuci semua bahan dan tumbuk halus
remas dengan 3 sendok minyak kelapa kemudian saring, bahan yang sudah disaring dipakai untuk mengoles luka-luka akibat sariawan, dilakukan 6-7 kali sehari. 

Semoga sajian informasi Cara Alami Sembuhkan Sariawan bermanfaat dan menjadi wasilah kesembuhan penyakit sariawan yang saat ini anda keluhkan. Manfaatkanlah bahan alami berkhasiat yang telah disediakan alam untuk kita dalam menyembuhkan penyakit sariawan. Bagi anda yang saat ini mengalami keluhan penyakit sariawan, silakan simak juga artikel menarik lainnya di Obat Tradisional Penyakit Sariawan.

0 komentar:

Posting Komentar